Cara Cek JKN KIS Terbaru


Cara Cek JKN Kis Terbaru

Cara Cek Kartu Kis Online Lengkap

Kesehatan merupakan salah satu kebutuhan yang harus dimiliki setiap orang. Oleh karena itu, pemerintah memiliki banyak program jaminan kesehatan. Salah satu yang sudah lama ada adalah Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Mereka yang mendaftar dalam program ini akan menerima kartu hijau. Untuk menggunakannya, Anda harus terlebih dahulu memeriksa apakah KIS masih berlaku. Lihat di bawah untuk mengetahui cara memeriksa status penggunaan kartu KIS Anda.

Kenali Kartu Indonesia Sehat

Kartu KIS merupakan program untuk memastikan masyarakat kurang mampu tetap mendapatkan pelayanan kesehatan. KIS juga didirikan berdasarkan UU No. 40 Tahun 2003. Program ini merupakan perluasan dari program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan merupakan bagian dari sistem Jaminan Sosial Nasional.

Program Kartu Indonesia Sehat terbuka untuk Warga Negara Indonesia (WNI). Namun, tidak semua orang bisa mengikuti program ini. Hanya mereka yang tergolong miskin yang berhak mengikuti program jaminan kesehatan pemerintah ini.

Dengan Kartu Indonesia Sehat, masyarakat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis. Dengan begitu, pemerintah bisa meminimalisir terjadinya masyarakat kurang mampu yang tidak bisa berobat saat sakit

 Perbedaan KIS dan BPJS Kesehatan

Cara Cek Kartu Kis Online Lengkap


Secara umum, program HIS dan BPJS Kesehatan memiliki keterkaitan yang erat. Keduanya merupakan jaminan sosial bagi WNI yang membutuhkan pelayanan kesehatan. Namun, masih terdapat perbedaan yang mendasari kedua program asuransi kesehatan tersebut.

1. Kewajiban peserta asuransi kesehatan

Perbedaan pertama antara KIS dan BPJS Kesehatan adalah kewajiban pemegang polis asuransi kesehatan ini. BPJS Kesehatan telah menjadi program yang diikuti oleh seluruh warga negara Indonesia. Setiap peserta wajib membayar iuran bulanan untuk aktivasi kepesertaan BPJS Kesehatan.

Biaya dibagi menjadi tiga kelas: Kelas 1, 2 dan 3. Pelayanan kesehatan BPJS Kelas 1 memiliki iuran bulanan yang lebih tinggi dibandingkan kelas lainnya. Tentunya pelayanan kesehatan yang ditawarkan lebih baik lagi.

Sedangkan peserta Kartu Indonesia Sehat tidak dipungut biaya. Karena itu, program ini hanya untuk mereka yang tidak mampu.

2. lokasi pelayanan kesehatan

HIS dapat digunakan di seluruh Indonesia, terutama di fasilitas kesehatan pemerintah. Sebut saja Puskesmas, Puskesmas, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD). Dengan demikian, peserta HIS dapat mengakses layanan medis kapan pun dan di mana pun tanpa rasa khawatir.

Tidak demikian halnya dengan BPJS Kesehatan. Program ini diselenggarakan berdasarkan lokasi peserta. Artinya, peserta hanya dapat memperoleh pelayanan medis di lokasi yang telah ditandai pada peta BPJS Kesehatan. Peserta harus menerima surat rujukan dari fasilitas medis terdaftar jika ingin menerima layanan tambahan.

3. Manfaat Peserta 

 Pelayanan yang diterima peserta dari kedua perusahaan asuransi kesehatan ini juga sangat berbeda. Di sisi lain, Kartu BPJS Kesehatan hanya dapat digunakan oleh mereka yang benar-benar membutuhkan layanan medis. Ada juga banyak prosedur dan pengobatan yang pada akhirnya dikecualikan dari program ini.

Namun, peserta Kartu Indonesia Sehat tidak akan menemukan hal tersebut. Pemerintah akan menanggung semua biaya pengobatan peserta HIS, termasuk obat-obatan. Selain itu, KIS juga menjamin prosedur pencegahan penyakit peserta.

Cara Daftar KIS Online

Individu miskin dan kurang beruntung dapat mendaftar di program KIS. Kelompok ini juga tercatat sebagai penerima subsidi jaminan kesehatan pemerintah.

Pendaftaran KIS kini dapat dilakukan secara online melalui aplikasi mobile JKN. Langkah-langkah pendaftaran KIS secara online adalah sebagai berikut:

Cara Cek Kartu Kis Online Lengkap

  • Login ke aplikasi mobile JKN
  • Pilih menu “Pendaftaran Peserta Baru” dan pilih “Setuju”.
  • Masukkan NIK Anda pada kolom yang tersedia dan masukkan kode captcha Anda.
  • Masukkan informasi pribadi calon JKN-KIS
  • Pilih fasilitas perawatan primer
  • Dapatkan kode verifikasi di email terdaftar
  • Masukkan kode verifikasi di tempat yang tersedia
  • Kartu Indonesia Sehat akan dikirimkan ke alamat Anda dalam waktu 6 hari setelah pendaftaran.

Cara Cek Kartu Indonesia Sehat Aktif

Cara Cek Kartu Kis Online Lengkap

Setelah disetujui, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengonfirmasi aktivitas. Jika keanggotaan Anda tidak aktif, itu tidak dapat digunakan untuk menerima layanan kesehatan. Ada banyak cara untuk memverifikasi kartu HIS pemerintah Anda. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan:

 1. Cek KIS di aplikasi mobile JKN

Aplikasi mobile JKN tidak hanya dapat digunakan untuk pendaftaran, tetapi juga untuk mengonfirmasi bahwa Anda adalah anggota JIS. Untuk memeriksa KIS dari aplikasi Anda:

  •  Masukkan nomor kartu NIK atau BPJS kesehatan Anda untuk mendaftar
  • Pilih menu "Peserta".
  • Informasi status langsung ditampilkan di layar

 2. Konfirmasi KIS melalui CHIKA

CHIKA singkatan dari JKN Chat Assistant. Layanan ini hadir untuk memudahkan peserta JKN mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Anda dapat berbicara dengan CHIKA di platform berikut.

  • Facebook Messenger: facebook/BPJSKesehatanRI./
  • WhatsApp: +628118750400:
  • Telegram: @Chika_BPJSKesehatan_bot:

3. Cek HIS di BPJS Kesehatan Care Center 

 Layanan Contact Center BPJS Kesehatan dapat diakses dari ponsel. Cukup hubungi 165 dan Customer Care BPJS Kesehatan akan membantu Anda. Siapkan nomor BPJS atau NIK Anda untuk verifikasi oleh pusat perawatan. Layanan ini dapat diakses 24 jam sehari.

Cara Cek KIS Aktif Atau Tidak 

Cara Cek Kartu Kis Online Lengkap

 Tanpa harus bertemu langsung atau datang ke kantor layanan, ada cara untuk mengecek apakah KIS Anda valid secara online. Ini merupakan inovasi terbaru BPJS Kesehatan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Kartu Indonesia Sehat (KIS) adalah Program Jaminan Kesehatan bagi Masyarakat Kurang Mampu (JKN) dan pesertanya tidak dipungut iuran bulanan.

Tentunya kehadiran KIS sangat membantu masyarakat dalam bidang pelayanan medis. Untuk menggunakan KIS, Anda harus mengecek status aktif keanggotaan Anda secara berkala. Dikutip dari bpjs-kesehatan.go.id , Direktur Humas BPJS Kesehatan M.Iqbal Anas Ma`ruf memungkinkan masyarakat untuk mengecek sendiri status kepesertaannya tanpa harus datang ke kantor. telah menjadi

Jadi bagaimana Anda bisa mengetahui apakah HIS aktif atau tidak online? Ada beberapa cara untuk memeriksa status keanggotaan Anda.

Cara Cek Status Kepesertaan KIS Di Aplikasi Mobile JKN

Cara Cek Kartu Kis Online Lengkap

Anda dapat memeriksa apakah KIS valid dari aplikasi mobile JKN. Pilihan ini merupakan pilihan yang paling mudah diantara yang lainnya. Untuk menggunakan aplikasi dari BPJS Kesehatan ini, Anda bisa mengunduhnya terlebih dahulu dari Google Play Store atau AppStore.

Cara cek status kepesertaan melalui aplikasi JKN mobile:

  • Buka aplikasi seluler JKN di ponsel Anda. 
  • Masuk dengan nomor kartu NIK atau KIS Anda dan masukkan kata sandi Anda. 
  • Jika Anda belum pernah melakukannya sebelumnya, 
  • Anda dapat melalui proses pendaftaran aplikasi terlebih dahulu. 
  • Masukkan Captcha seperti yang ditunjukkan di layar Anda dan klik Masuk. 
  • Pilih opsi Peserta di aplikasi. 
  • Halaman ini secara otomatis akan menampilkan informasi lengkap tentang status aktif keanggotaan HIS Anda dan data identitas. 

Cara Cek Status Kepesertaan KIS Di Layanan BPJS Kesehatan Care Center 165

Cara Cek Kartu Kis Online Lengkap

BPJS Kesehatan Chara Center 165 adalah layanan yang disediakan oleh BPJS Kesehatan yang terhubung ke telepon rumah dan telepon seluler. Layanan ini buka 24 jam sehari.

Anda bisa mengecek detail layanan ini atau bertanya langsung jika ada masalah di kemudian hari.

Berikut adalah cara mengecek status kepesertaan KIS Anda melalui Layanan BPJS Kesehatan Care Center 165. Lihat teks lengkap.

  • Hubungi BPJS Kesehatan Care Center di 165 melalui telepon. 
  • Masukkan angka 1 untuk memilih jenis layanan. 
  • Pilih Layanan Status Anggota dan ikuti petunjuknya. 
  • Anda akan diminta untuk memasukkan Nomor Peserta atau NIK dan Tanggal Lahir. 
  • BPJS Kesehatan akan menginformasikan status kepesertaan HIS Anda. 
  • Cara Cek Status Keanggotaan KIS di Layanan CHIKA (Chat Assistant JKN)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Cek Bansos DTKS Online

Cara Intip Lokasi Nomer Wa

Cara Buka Pola Hp Yang Lupa