Cara Daftar Prakerja Terbaru


Program kartu prakerja akan dilanjutkan pada tahun 2023

Cara Daftar Prakerja Terbaru

Program Kartu Prakerja 2023 diharapkan dapat diluncurkan pada kuartal pertama tahun ini. Cara daftar kartu pra kerja 2023. 

Pelatihan luring ini diluncurkan secara bertahap di 10 provinsi dan ini merupakan awal gelombang pertama di triwulan pertama tahun 2023. Tahap pertama ini akan mencakup pelatihan di beberapa daerah yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat Kalimantan, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Bali, NTT, Papua,” kata Airlangga. Kartu Prakerja 2023 menargetkan 1 juta peserta. Pada tahap awal ini, dialokasikan anggaran sebesar Rp 2,67 triliun untuk mencapai target 595.000. Sedangkan sisanya 405.000 target akan dibayar dengan anggaran Rp 1,7 triliun.

Besaran bantuan yang akan diterima peserta juga berbeda dengan tahun lalu, Rp 4,2 juta.

Cara daftar kartu prakerja 2023

Cara Daftar Prakerja Terbaru

 Cara daftar kartu prakerja 2023 dimulai dengan pembukaan rekening pertama kali

  •  Masuk ke laman www.prakerja.go.id dan klik menu Daftar Sekarang.
  • Masukkan alamat email dan kata sandi Anda. Gunakan email aktif. 
  • Program Kartu Prakerja akan mengirimkan notifikasi melalui email. 
  • Buka email Anda dan verifikasi akun Anda
  • Pendaftaran berhasil

 Mendaftar Gelombang kartu prakerja

Cara Daftar Prakerja Terbaru

  • Buka www.prakerja.go.id
  • Harap siapkan nomor kartu keluarga dan NIK Anda
  • Masukkan informasi pribadi Anda dan ikuti petunjuk di layar
  • Siapkan kertas dan alat tulis untuk motivasi online dan tes keterampilan dasar
  • Klik Gabung di gelombang yang sedang terbuka.
  • Tunggu pengumuman peserta yang berhasil melalui dasbor kartu pra-adopsi

 Persyaratan pembuatan kartu prakerja

Cara Daftar Prakerja Terbaru

Sebelum mempraktekkan dan mendaftar cara mendaftar kartu prakerja, hal selanjutnya yang perlu Anda pahami adalah persyaratan pembuatannya. Beberapa ketentuan yang sesuai dengan peraturan yang berlaku adalah:

  • WNI dari 18 tahun. 
  • Saat ini tidak ada pelatihan formal. 
  • Pekerja/pekerja yang perlu meningkatkan keterampilan kerjanya, seperti pekerja/pekerja yang dipecat atau pekerja/pekerja yang sedang mencari pekerjaan. 
  • Tidak ada penerima kesejahteraan lainnya 
  • Bukan pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, ASN, prajurit TNI, anggota Polri, kepala desa dan perangkat desa, dan direksi/komisaris/dewan pengawas BUMN atau BUMD. 
  • Maksimal 2 NIK untuk 1 KK penerima Kartu Prakerja. 

Keuntungan dari kartu prakerja

Cara Daftar Prakerja Terbaru

Sebelum mengetahui cara mendaftar kartu prakerja, penting untuk memahami manfaatnya terlebih dahulu. Menurut situs resmi prakerja.go.id, Program Kartu Prakerja merupakan program pembinaan keterampilan kerja bagi kaum muda usia kerja.

Secara lebih spesifik, Kartu Prakerja ditujukan bagi generasi muda yang sedang mencari pekerjaan, pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja atau pemutusan hubungan kerja, atau pekerja yang perlu meningkatkan keterampilannya.

Secara umum, manfaat Kartu Prakerja adalah sarana bagi generasi muda untuk mengembangkan keterampilan, meningkatkan produktivitas, menjadikan tenaga kerjanya lebih kompetitif, serta meningkatkan minat berwirausaha di bidangnya masing-masing.

Setelah menyelesaikan pendaftaran Anda dan melengkapi formulir dan tes, periksa status pendaftaran Kartu Prakerja Anda dari akun Anda di situs web Kartu Prakerja dan klik Periksa Status Pendaftaran.

Ketentuan yang perlu diketahui calon peserta adalah anggaran kartu prakerja sebesar Rp 10 triliun untuk 2 juta penerima manfaat program kartu prakerja 2020.

Setelah itu, peserta kartu prakerja akan mendapatkan uang yang akan menambah biaya transportasi dari sebelumnya Rp 500.000 menjadi Rp 650.000.

Rinciannya adalah Rp 500.000 yang diperoleh selama dua bulan pelatihan ditambah Rp 150.000 tambahan setelah menyelesaikan studi evaluasi program kartu prakerja. Selain itu, ada uang yang dapat digunakan untuk mengakses pelatihan. Semua dana ini diberikan secara tunai. Tepatnya melalui platform Link Aja, OVO, Bank Negara Indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Cek Bansos DTKS Online

Cara Intip Lokasi Nomer Wa

Cara Buka Pola Hp Yang Lupa